Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Tangerang

Khalidah Hubeis, . (2017) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Kelas X IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Tangerang. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk (a) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kelas X IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tangerang (b) apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar kelas X IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tangerang (c) apakah terdapat pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar kelas X IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dimana subyek peneliti ini siswa kelas X IPS dengan jumlah responden sebanyak 97 yang dipilih menggunakan saran ukuran sampel menurut Solvin. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner yang disebar kepada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 3 Tangerang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan teknik uji hipotesis yaitu uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan koefisien determinasi (R2). Hasil analisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Program and Services Solition) versi 15 menunjukkan bahwa (1) dari hasil koefisien regresi linear berganda Y = 56,441 + 0,275X1 + 0,201X2 menunjukkan variabel motivasi belajar (X1 = 0,275) dan lingkungan sekolah (X2 = 0,201). (2) hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel motivasi belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar kelas X IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tangerang, ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 24,007 dimana F hitung lebih besar dari F tabel 3,09 dan dari tabel Anova dapat dilihat signifikansi mendapatkan angka 0,000 lebih kecil dari α 0,05. (3) hasil uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa dari kedua variabel independen berpengaruh poitif yakni variabel motivasi belajar diperoleh t hitung = 4,864 > 1,660 t tabel dan memiliki probabilitas 0,005 lebih kecil dari α 0,05. Sedangkan lingkungan sekolah yaitu diperoleh nilai t hitung = 2,743 lebih besar dari t tabel 1,660 dan memiliki probabilitas 0,000 lebih kecil dari α 0,05. Berkaitan dengan hasil yang didapat maka saran untuk siswa SMA Negeri 3 Tangerang agar motivasi belajar yang tinggi terus ditingkatkan dan dipertahankan lagi untuk siswa-siswi jurusan IPS. Agar para siswa selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas ekonomi yang sulit, siswa juga menyukai pelajaran ilmu ekonomi yang diberikan. Saran untuk guru di SMA Negeri 3 Tangerang agar selalu memberikan motivasi pada saat proses pembelajaran berlangsung, tidak monoton dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi saat mengajar didalam kelas.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:29
Last Modified: 26 Apr 2018 03:29
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item