Hubungan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI jurusan Akuntansi SMK Utama Tangerang Selatan, Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang 2017.

Era Lusiana Purba Siboro, . (2017) Hubungan Ekstrakulikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI jurusan Akuntansi SMK Utama Tangerang Selatan, Pendidikan Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang 2017. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Kata Kunci: Ekstrakulikuler pramuka, prestasi belajar siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan positif dan signifikan ekstrakulikuler pramuka terhadap prestasi belajar siswa SMK Utama Tangerang Selatan. Sampel dalam penelitian ini semua peserta didik kelas XI jurusan Akuntansi yang mengikuti ekstrakulikuler pramuka SMK Utama Tangerang Selatan berjumlah 57 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (X) adalah ekstrakulikuler pramuka dan variabel variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar. Jumlah item pernyataan adalah dua puluh yang terdiri dari daftar pernyataan yang berkaitan variabel ekstrakulikuler pramuka (X) sebanyak sepuluh item soal dan sepuluh item pernyataan yang berkaitan dengan variabel prestasi belajar (Y). Skala pengukuran yang digunakan adalah skala satu sampai lima dengan lima kategori. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan uji korelasi product moment. Hasil pengujian hubungan ekstrakulikuler pramuka terhadap prestasi belajar siswa secara statistik menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rhitung ≥ rtabel yaitu 7,96 ≥ 0,26 menyatakan hubungan yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa ekstrakulikuler pramuka berhubungan langsung dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan memiliki tingkat hubungan yang kuat ditunjukkan dari tingkat interval 0,73 yang menyatakan hubungan ekstakulikuler pramuka terhadap prestasi belajar kuat, berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien deteminasi sebesar 53,29%, prestasi belajar memiliki hubungan dengan ekstrakulikuler pramuka. Sedangkan 46,71% prestasi siswa dipengaruhi oleh faktor lain seperti model pembelajaran, gaya mengajar guru, lingkungan sekolah , sarana dan prasarana di sekolah, faktor dari dalam diri dan faktor lain- lain.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:24
Last Modified: 26 Apr 2018 03:24
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item