Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Lebak Bulus Tahun Ajaran 2016/2017.

Katirah, . (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Lebak Bulus Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (35kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match, Hasil Belajar Sebagian besar proses belajar mengajar di Indonesia mayoritas masih berpusat kepada pendidik, hal ini membuat proses pembelajaran belum sepenuhnya menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi di SMK Lebak Bulus dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif make a match terhadap hasil belajar Akuntansi Kelas X Program Studi Administrasi Perkantoran Di SMK Lebak Bulus Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang telah dilaksanakan pada kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 dan 2. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 yang berjumlah 22 peserta didik dan peserta didik kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 2 yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisi butir soal, uji daya beda, validitas, independent t-test dan dependent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif make a match dengan kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran 1 (experiment) tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat melalui hasil belajar materi pengantar akuntasi kelas X Program Keahlian Administrasi 1 (experiment) dan kelas X Program Keahlian Administrasi 2 (kendali) dimana hasil belajar pre test kelas experiment menunjukan nilai hasil belajar sebesar 23,75 < dari hasil belajar post test kelas experimen yang menunjukan nilai hasil belajar sebesar 67,15, sedangkan hasil belajar pre test kelas kendali menunjukan nilai hasil belajar sebesar 19,60 < dari hasil belajar post test kelas kendali yang menunjukkan nilai sebesar 60,27. Dalam proses belajar mengajar, sebaiknya pendidik menggunakan model-model pembejaran yang bervariasi, tidak hanya mengguanakan metode ceramah dan diskusi saja akan tetapi dapat menggunakan model-model pembelajaran kooperatif selain itu pendidik harus bisa lebih dekat dengan peserta didiknya jangan hanya menggugurkan kewajiban mengajar di sekolah.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:08
Last Modified: 26 Apr 2018 03:08
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3682

Actions (login required)

View Item View Item