Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 13 Tangerang Tahun Ajaran 2016-2017.

Angga Putri Wulandari, . (2017) Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 13 Tangerang Tahun Ajaran 2016-2017. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (40kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Masalah dalam penelitian ini adalah dalam proses belajar mengajar guru merupakan pusat kegiatan belajar dikelas (teacher center) dimana guru menjadi satu satunya pusat pembelajaran dalam setiap kegiatan pem belajaran di kelas dan siswa cenderung hanya menerima apa saja yang dijelaskan oleh guru, masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Ekonomi IPS. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Cooperatice Learning tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomu IPS di kelas X SMA Negeri 13 Tangerang dan untuk mengathui apakah terdapat pengaruh penerapan model Cooperatif Learning tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas X khusunya pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 13 Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Exsperiment dengan desain Nonequivalent control group design yaitu metode yang melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan (treatment) pada suatu objek (kelompok eksperimen) serta melihat besar pengaruh perlakuannya. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X IPS 3 dan 4. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 3(kontrol) yang berjumlah 37 siswa dan peserta didik kelas X IPS 4 (eksprimen) berjumlah 36 siswa. Tehnik pengumpulan data adalah tes, angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan uji tingkat kesukaran, uji validitas, independent t-test dan dependent t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sangat berpengaruh terhadap haisl belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dimana dari hasil output Paired Sample Test diperoleh nilai sig 0,000 < nilai sig 0,05 (5%), yang artinya H0 ditolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis sampel di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan model Number Head Together (NHT). Perbedaan tersebut terlihat pada nilai rata-rata pre test yaitu 48,91 sebelumPenggunaan model Number Head Together (NHT) dan nilai rata rata pada post test sebesar 69,68 setelah penggunaan model Number Head Together (NHT). Dengan demikian dapat diketahui peningkatan pretasi belajar kelompok eksperimen sebesar 20,77.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:03
Last Modified: 26 Apr 2018 03:03
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3681

Actions (login required)

View Item View Item