Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Link And Match Tahun Ajaran 2016 - 2017 Tangerang Selatan

Ai Tsamrotul Fuadah, . (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Link And Match Tahun Ajaran 2016 - 2017 Tangerang Selatan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di kelas X administrasi perkantoran SMK Link and Match ditemukan permasalahan pembelajaran kewirausahaan. Guru kurang variatif, kreatif dalam mengajar di kelas, hanya menekankan pada penyampaian materi dan pemberian tugas. Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, kurang antusias, kurang termotivasi dalam kegiatan diskusi, serta penggunaan media pembelajaran tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Link And Match. Penelitian ini dilakukan di SMK Link and Match Tangerang Selatan kelas X Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2016 – 2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Control-Group Design. Subyek penelitian ini adalah 56 siswa yang terdiri dari 29 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kendali. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar kewirausahaan yang terdiri dari 15 butir soal dengan rincian 10 soal pilihan ganda dan 5 soal esai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar kewirausahaan dengan menggunakan model snowball throwing, hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata Pre Test (sebelum perlakuan) kelas eksperimen mendapatkan nilai 61,9 dan nilai rata-rata Post Test (setelah perlakuan) kelas eksperimen mendapatkan nilai 83,9 dengan peningkatan 35,5%. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan. Dapat dilihat dari hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai sig 0,000 < nilai sig 0,05 (5%). Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar kewirausahaan di kelas X administrasi perkantoran SMK Link and Match Tangerang Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Saran yang diberikan yaitu guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran inovatif yang tepat sesuai kondisi siswa, materi/bahan ajar, fasilitas yang tersedia, dan kondisi guru itu sendiri.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:57
Last Modified: 26 Apr 2018 02:57
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3680

Actions (login required)

View Item View Item