Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Kepuasan Siswa Dalam pembelajaran IPS Di SMP Muhammadiyah Bojong Nangka

Rizky Fitroh Fauzy, . (2018) Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Kepuasan Siswa Dalam pembelajaran IPS Di SMP Muhammadiyah Bojong Nangka. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (63kB)

Abstract

Kata Kunci:Persepsi Siswa, Kompetensi Guru, Kepuasan Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini mengkaji tentang penilaian terhadap kompetensi guru berdasarkan pada kepuasan siswa dalam pemebelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dalam hal ini siswa bertindak sebagai objek utama penelitian. Data yang dihasilkan pada penelitian ini adalah hasil responden angket. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Bojong Nangka dari bulan agustus 2017. Yang menjadi sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Bojong Nangka dengan jumlah sampel 84 siswa yang merupakan bagian dari populasi yang jumlahnya 107 siswa SMP Muhammadiyah Bojong Nangka. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Pada Penelitian ini di peroleh hasil bahwa rata-rata Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru ≠ 70, 77,4925 berkategori baik. Hal tersebut dikarenakan siswa menganggap seorang guru dapat memahami karakteristik peserta didik. Hasil rata-rata pada Kepuasan siswa dalam pembelajran dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata Kepuasan Siswa Dalam Pembelajaraan ≠ 70, melainkan 78,5715 berkategori baik. Temuan penelitian ini menunjujak persepsi siswa tentang kompetensi guru terhada pembelajaran IPS DI SMP Muhammadiyah Bojong Nangka berpengaruh signifikan, hal ini dapat dilihat dari koefisien determinan (R2) adalah 0,436, yang berarti besaran pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Terhadap Kepuasan Siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 43,6%. Dengan demikian diperoleh Thitung 7,957 > Ttabel 1,989 maka Ha3 di terima dan H03 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian mengenai variabel persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran IPS, siswa menganggap bahwa kompetensi guru saat pelaksanaan belajar mengajar di kelas berlangsung optimal, dan besaran pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap kepuasan siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 43,6% dan 56,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 9,486+0,892x

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 25 Apr 2018 11:46
Last Modified: 25 Apr 2018 11:46
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item View Item