Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Putri

Mutiara Andita, . (2017) Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XII di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Putri. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
JURNAL .docx
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Sarana Prasarana, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas XII di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Putri, 2) Apakah ada pengaruh Pemanfaatan Sarana Prasarana Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas XII di Pondok Pesantren Al-Amanah Al-Gontory Putri, 3) Apakah ada pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Sarana Prasarana pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas XII di Pondok Pesantren Al-Amanah Al- Gontory Putri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII di Pondok Pesantren Al- Amanah Al-Gontory Putri. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan sarana prasarana terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan pemanfaatan sarana prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, Saran yang diberikan, Peserta didik diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dari dalam maupun dari luar dirinya dengan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat agar selalu ada rasa semangat dan sungguh-sungguh dalam segala hal postif termasuk dalam hal pembelajaran dikelas. Guru diharapkan dapat lebih memanfaatkan sarana prasarana yang sudah ada di sekolah, hal ini perlu adanya kerjasama baik dari wali kelas, guru mata pelajaran ekonomi, dan kepala sekolah. Dan orang tua diharapkan ikut memberikan motivasi peserta didik agar terus meningkat, dan membantu mengawasi perkembangan peserta didik. Diharapkan di masa yang akan datang dapat digunakan sebagai salah satu sumber data untuk peneltiian selanjutnya dan dilakukan penelitian lebih lanjut berdasarkan faktor lainnya, variabel yang berbeda, jumlah sampel yang lebih banyak, tempat yang berbeda, desain yang lebih tepat dan tetap berhubungan dengan motivasi belajar, pemanfaatan sarana prasarana, atau prestasi belajar ekonomi.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 25 Apr 2018 11:26
Last Modified: 25 Apr 2018 11:26
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item