Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komputer Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan

Rubhi, . (2017) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komputer Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (731kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komputer, Prestasi Belajar Media pembelajaran merupakan suatu alat sebagai perantara untuk pemahaman makna dari materi yang disampaikan oleh pendidik atau guru baik berupa media cetak atau pun elektronik dan media pembelajaran ini juga sebagai alat untuk memperlancar dari penerapan komponen-komponen dari sistem pembelajaran tersebut, sehingga proses pembelajaran dapat bertahan lama dan efektif, suasana belajar pun menjadi menyenangkan. Dengan adanya media komputer tersebut diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih baik, sehingga prestasi belajar yang diharapkan berupa pencapaian yang memuaskan. Penelitian ini mengkaji mengenai pengaruh media pembelajaran komputer terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu.Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan oleh media pembelajaran komputer terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu di kelas X. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana, yaitu analisis untuk menguji ada tidaknya pengaruh antara sub variabel bebas dengan sub variabel terikat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, yaitu pencatatan dan penganalisaan data melalui perhitungan statistik terhadap masalah yang sedang terjadi sekarang ini. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa: 1) Penggunaan media pembelajaran di SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan sesuai distribusi data yang diperoleh berada ditingkat yang baik. 2) Prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan berdasarkan nilai semester akhir siswa menunjukan hasil yang baik degan rata-rata nilai 79-81 sebanyak 51%. 3) Terdapat pengaruh media pembelajaran komputer terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu kelas X SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan dengan angka koefisien regresi sebesar 0,153 dan thitung 34,921 > ttabel 1,660 dan nilai R Square sebesar 0,526. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh media pembelajaran komputer terhadap prestasi belajar siswa sebesar 52,6% sedang sisanya 47,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 25 Apr 2018 08:50
Last Modified: 25 Apr 2018 08:50
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item