Metode Bermain Puzzle Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang Tahun Ajaran 2014/2015)(Skripsi PKn,2015)

Alawiyah, Sarifah (2015) Metode Bermain Puzzle Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang Tahun Ajaran 2014/2015)(Skripsi PKn,2015). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Pkn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
Skripsi Pkn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
Skripsi Pkn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
Skripsi Pkn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
Skripsi Pkn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk yaitu untuk membandingkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode bermain puzzle dengan metode demonstrasi. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah Diduga hasil belajar PendidikanKewarganegaraan dengan menggunakan metode bermain puzzle lebih baik dibandingkan dengan metode demonstrasi di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. Dalam penelitian ini uji normalitas skor kelompok peserta didik yang menggunakan pembelajaran metode bermain puzzle diperoleh harga Lh = 0,3033 dan untuk pembelajaran metode demonstrasi Lh = 0,2415 sedangkan Ltabel untuk kelompok peserta didik metode bermain puzzle dan menggunakan metode demonstrasi adalah 0,173 yang berarti kedua kelompok populasi tersebut tidak berdistribusi normal. Dari hasil penelitian ini diperoleh peserta didik yang berasal dari kelompok pembelajaran dengan metode bermain puzzle rata-rata seluruhnya 84,11 dengan standar deviasi 8,39 dan kelompok peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan metode demonstrasi rata-rata skor seluruhnya 52,72 dengan standar deviasi 8,07. Jadi, perbandingan antara metode bermain puzzle dengan metode demonstrasi adalah 8,39 dan 8,07. Dari hasil perhitugan didapat harga Thitung = 46,85 dan Ttabel = 2,009 berarti Thitung> Ttabel maka hipotesis diterima. Dengan kata lain data menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode bermain puzzle lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode demonstrasidi SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. Kata Kunci : Metode Bermain Puzzle, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 08 Sep 2015 10:10
Last Modified: 09 Sep 2015 08:06
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item