Skripsi Korelasi Pembelajaran Norma Kesopanan Terhadap Sikap Menghormati Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 44 Tahun Ajaran 2016/2017

Agus Soni Setiawan, . (2018) Skripsi Korelasi Pembelajaran Norma Kesopanan Terhadap Sikap Menghormati Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 44 Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Norma Kesopanan Terhadap Sikap Menghormati Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang Timur. Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan desain regersi sederhana. Populasi target peserta didik kelas VII dan VIII dengan jumlah populasi 170 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau kelas VII keseluruhan 70 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus solvin sehingga dipilih jumlah sebanyak 42, yang diambil dengan teknik random sampling (acak). Terdapat dua variabel yang di kaji dalam penelitian ini, yaitu pembelajaran norma kesopanan (variabel X) dan (sikap menghormati Y). metode pengambilan data pada variabel X adalah dengan menggunakan instrument objektif, sedangkan untuk variabel Y menggunakan angket (kuesioner). Instrument penelitian variabel X berjumlah 40 soal dan variabel Y 40 soal. Sebelum dilakukan uji analisis instrument terhadap data yang telah diperoleh, dilakukan uji persyaratan analisis terlebih dahulu berupa uji normalitas, homogenitas, dan lineritas. Perhitungan uji normalitas dilakukan dengan uji lilliefors dari perhitungan uji normalitas variabel X diperoleh nilai L^hitung=1.0236 >〖 L〗^(tabel =) 0.1367 dan variabel Y nilai L^hitung = 0.974 >〖 L〗^tabel= 0.1367, maka data tidak normal. Dilanjutkan dengan uji homogenitas, di peroleh F^(h.itung)= 7.8703 > dan F^tabel = 1.4905 maka data tidak homogen, terakhir dilakukan uji lineritas diperoleh nilai F^hitung = 2.075506985 <〖 F〗^tabel = 7.279561145, maka liner. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan melakukan uji r-korelasi menggunakan rumus spearmen-rank untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dengan variabel Y diperoleh nilai T^hitung = 3.045378221. >〖 T〗^tabel= 2.42326 (α=0.1 (1%) dan dk 42-2 = 40, dari hasil perhitungan H_o ditolak dan H_i diterima maka dapat diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran norma kesopanan mempengaruhi sikap menghormati peserta didik dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, artinya pemeblajaran norma kesopanan sangat penting bagi peserta didik. Kata kunci : Norma Kesopanan, Sikap Menghormati, Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:52
Last Modified: 25 Apr 2018 07:52
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3633

Actions (login required)

View Item View Item