Pengaruh Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Islamiyah Sawangan Depok

Yuceu Niazalia, . (2018) Pengaruh Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Islamiyah Sawangan Depok. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Kata Kunci : Pengaruh Metode Numbered Head Together (NHT) dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui (1) Untuk memahami gambaran kondisi kegiatan belajar mengajar di SMP Isalmiyah Sawangan Depok(2) Untuk memaparkan prestasi belajar yang dicapai siswa SMP Islamiyah Sawangan Depok (3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII SMP Islamiyah Sawangan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islamiyah Sawangan Depok Tahun Ajaran 2016/2107. Sebanyak 213 siswa. Sedangkan sampel penelitian diambil 52 siswa. Sebanyak 27 siswa dijadikan sebagai kelompok eksperimen, dan sebanyak 25 siswa dijadikan sebagai kelompok kendali. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar dengan rata-rata rata-rata nilai 47,91 sebanyak 27 siswa untuk kelas eksperimen. Sedangkan prestasi belajar siswa kelas kendali sebanyak 25 siswa memperoleh rata-rata nilai sebesar 39,58 untuk kelas kendali. (2) hasil posttest yang dilakukan pada pertemuan kedua, diketahui bahwa hasil prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Yaitu siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 pada kelas eksperimen sebanyak 27 siswa atau 100% setelah diberi perlakuan dengan menggunakan metode Numbered Head Together. Dari paparan di atas, pembelajaran yang menggunakan metode Numbered Head Together lebih efektif. (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT), dengan prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode Student Teams Achivement Divisions (STAD), yaitu prestasi belajar dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kendali.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:39
Last Modified: 25 Apr 2018 07:39
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3629

Actions (login required)

View Item View Item