Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMK Falatehan Serpong.

Zainuddin Lenamah, . (2018) Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMK Falatehan Serpong. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh tingkat pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Di SMK Falatehan Serpong kelas XI pada mata pelajaran ekonomi semester 1 (ganjil). Penelitian ini mengkaji tentang tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua dan nilai raport semester 1 pada mata pelajaran ekonomi, sebagai prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Fatehan Serpong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif survey. Sabjek penelitian adalah seluruh kelas XI SMK Falateh Serpong sebanyak 82 siswa. Jumlah populasi sebanyak 82 siswa yang terdiri dari kelas XI PM.1 & XI PM.2 dan sampel dalam penelitian ini sejumlah populasi yaitu sebesar 82 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh karena semua jumlah populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Falatehan Serpong Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil perhitungan uji F didapatkan hasil F hitung sebesar 18.309 dengan taraf signifikasi 0,000 (sig a< 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa variabel independen antara lain pendidikan orangtua (X1) dan pendapatan orang tua (X2) secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu pembelian impulsif (Y). Sedangkan pada uji t untuk variabel pendidikan orang tua diperoleh t Hitung sebesar 2,164 karena t dinyatakan dengan tanda positif, maka semakin tinggi pendidikan orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Dengan angka signifikan sebesar 0,033>0.05 maka H0 diterima, H2 ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh pendapatan orang tua (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) secara parsial. Berdasarkan hasil perhitungan uji t untuk variabel pendapatan orang tua diperoleh t Hitung sebesar 3,859 karena t dinyatakan dengan tanda positif, maka semakin tinggi pendapatan orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Dengan angka signifikan sebesar 0,000<0.05 maka H0 ditolak, H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pendapatan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) secara parsial. Adapun persamaan regresi linier berganda Y = 68.405 + 0,407 X1 + 0,718 X2.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:43
Last Modified: 25 Apr 2018 06:43
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item View Item