Metode konvensional dengan Metode think talk and write terhadap hasil belajar Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi komparasi di kelas x sma imtek tahun pelajaran 2017-2018)

Euis Fadlatul Kamilah, . (2017) Metode konvensional dengan Metode think talk and write terhadap hasil belajar Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi komparasi di kelas x sma imtek tahun pelajaran 2017-2018). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK EUIS FADLATUL KAMILAH, Metode Konvensional Dengan Metode Think Talk And Write Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di Kelas X SMA IMTEK Tahun Pelajaran 2017-2018). Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode manakah diantara metode ceramah konvensional dan Metode Think-Talk-Write (TTW) yang menghasilkan hasil belajar PKn yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA IMTEK Pagedangan Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design. Data penelitian diperoleh dari pretest dan posttest yang dilakukan di awal dan akhir penelitian untuk mengetahui tingkat kemajuan kelompok control dan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA IMTEK Pagedangan Tangerang Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster-random sampling. Adapun yang dimaksudkan sebagai klaster adalah kelas pada sekolah. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas X B sebanyak 28 orang sebagai kelas eskperimen dan kelas XC sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan, serta uji hipotesis dengan Uji-T Sampel Berkorelasi (Paired t-Test) dan Uji-T Sampel Independen (Independent t-Test). Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dengan pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan data pretes menunjukan bahwati dakter dapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen karenat hitung ≤ ttabel (-1,34≤ 2,005) sehingga H0 diterima, namun setelah diberikan perlakuan kepada kelas eksperimen terlihat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan, dan didapat nilai thitung ≥ ttabel(7.54 ≥ 2,005) sehingga H0 ditolak. Dari hasil ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan antara kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode TTW dan kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Kata Kunci: Konvensional, Think Talk Write (TTW), Hasil belajar

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 16 Apr 2018 04:48
Last Modified: 16 Apr 2018 04:48
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item View Item