Model pembelajaran cooperative learning (tebak kata) dengan model pembelajaran pair checks (pasangan mengecek) terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di smk negeri 20 jakarta tahun ajaran 2016-2017)

Mei Ambar Sudaryanti, . (2017) Model pembelajaran cooperative learning (tebak kata) dengan model pembelajaran pair checks (pasangan mengecek) terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di smk negeri 20 jakarta tahun ajaran 2016-2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Mei Ambar Sudaryanti, 2013150170. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2017. Judul Skripsi : Model Pembelajaraan Cooperative Learning (Tebak Kata) Dengan Model Pembelajaran Pair Checks (Pasangan Mengecek) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi Di SMK NEGERI 20 JAKARTA Tahun Ajaran 2016/2017). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara Model Pembelajaran Cooperative Learning (Tebak Kata) Dengan Model Pembelajaran Pair Checks (Pasangan Mengecek) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas X di SMK Negeri 20 Jakarta yang beralamat di Jl. Melati No.24 Cilandak Barat, Jarta Selatan. Penelitian ini dilakukan pada kelas X Administrasi Perkantoran 1 Dengan X Administrasi Perkantoran 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu menggambarkan atau menyimpulkan data baik secara numeric maupun grafik. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 1 dan X Administrasi Perkantoran 2 dengan sampel 70 peserta didik. Dalam penelitian ini uji normalitas skor kelompok peserta didik yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning (tebak kata) diperoleh harga Lhitung= 1,06 dan untuk model pembelajaran Lhitung = 1,42 sedangkan Ltabel = 0,165 kedua moel pembelajaran menggunakan Ltabel yang sama berarti kedua kelompok populasi berdistribusi tidak normal. Dari penelitian ini diperoleh peserta didik yang berasal dari kelompok pembelajaran cooperative learning skor rata-rata seluruhnya 91,28 dengan standar deviasi 74 dan kelompok peserta didik yang mendapat pembelajaran pair checks skor rata-rata seluruhnya 63,83 dengan standar deviasi 57. Jadi, perbandingan antara model cooperative learning dengan pair checks adalah 74 dan 57. Dari perhitungan didapat harga Thitung = 1,7353 dan Ttabel = 1,6924 berarti Thitung > Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain data menunjukan bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran cooperative learning (tebak kata) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran pair checks (pasangan mengecek) di SMK Negeri 20 Jakarta. Kata Kunci : Cooperative Learning, Pair Checks, Hasil Belajar.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 16 Apr 2018 04:36
Last Modified: 16 Apr 2018 04:36
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item