Pengaruh sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (penelitian ini dilaksanakan di smp muhammadiyah 4 cipondoh)

Ulfiyah, . (2017) Pengaruh sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (penelitian ini dilaksanakan di smp muhammadiyah 4 cipondoh). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .docx
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK Ulfiyah 2013150207. Pengaruh Sikap Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh Tahun Ajaran 2016-2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sikap disiplin belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan serta untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Skripsi pamulang:Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pamulang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, sedangkan data yang diperoleh dari instrument yang disebar kepada para peserta didik dengan sempel 62 siswa. Dalam pengambilan sempel, penulis menganalisis data hasil penelitian dengan cara : Editing, skorsing, analisis. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai rhitung sebesar 0,451 dan kemudian di bandingkan dengan rtabel 0,250 pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian hasil tersebut menunjukan bahwa rhitung 0,451 lebih besar dari rtabel 0,250 (rhitung > rtabel), hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima yakni Ho ditolak dan Ha diterima. Uji Signifikan pda uji t dengan taraf α = 0.05 diperoleh thitung 3,912 dan ttabel 1,998. Hal ini menunjukan thitung 3,912 > ttabel 1,998, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Selanjutnya Koefisien Determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 20,34 %. Hal ini menunjukkan bahwa sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat ditentukan dengan koefisien determinasi (KD) dengan nilai sebesar 20,35%. Kesimpulan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa hipotesis dapat diterima dengan perolehan rhitung sebesar 0,451 jika dikonsultasikan rtabel dengan taraf signifikan 0,05 yaitu 0,250. Pada taraf tabel Interprestasi disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima dan terdapat pengaruh yang positif antara sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pengaruh korelasi positif termasuk dalam kategori sedang karena rhitung sebesar 0,451 berkisar antara 0,40 – 0,599. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap disiplin belajar terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan di SMP MUHAMMADIYAH 4 CIPONDOH. Kata Kunci : Sikap, Disiplin, Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 16 Apr 2018 04:26
Last Modified: 16 Apr 2018 04:26
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item