Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa (studi kasus di sma pelita bangsa gis pamulang tahun ajaran 2016/2017)

Soni Wachidin, . (2017) Peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa (studi kasus di sma pelita bangsa gis pamulang tahun ajaran 2016/2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .docx
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK SONI WACHIDIN (2013150232), . Skripsi Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa (Studi Kasus Di SMA Pelita Bangsa Global Islamic School Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016/2017) Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang 2017. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam meningkatkan sikap Nasionalisme siswa di SMA Pelita Bangsa GIS Pamulang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,dengan metode dekriptif analisis ,dengan jenis penelitian studi kasus yang di tunjang dengan penelitian lapangan dan referensi yang berkaitan dengan tema yang di bahas. Untuk memperoleh keabsahan data ,penulis menggunakan teknik triangulasi dari beberapa teknik di antaranya observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Pelita Bangsa GIS telah melaksanakan perannya sesuai dengan tugasnya yaitu pembimbing dalam pengembangan sikap dan tingkah laku yaitu guru memberikan bimbingan kepada siswa dengan memotivasi siswa terutama siswa yang memiliki masalah dengan sikap Nasionalisme agar siswa menghormati jasa para pahlawannya, selalu mencintai tanah air dan menjaga persatuan bangsa dengan mengembangkan sikap dan tingkah laku siswa sesuai dengan pancasila dan UUD 1945 untuk meningkatkan sikap Nasionalisme yang tinggi untuk mempersiapkan seseorang menjadi warga negara yang baik dan berjiwa Nasionalisme melalui metode yang relevan dan juga media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. hasil penelitian menunjukan masih tingginya sikap Nasionalisme siswa setelah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan sikap Nasionalisme terhadap siswa yang memiliki masalah dengan sikap Nasionalisme agar semua siswa di SMA Pelita Bangsa GIS memiliki sikap Nasionalisme yang tinggi. Kata kunci : Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ,Meningkatkan Sikap Nasionalisme.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:41
Last Modified: 13 Apr 2018 08:41
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item