Model students team achievement division dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di smp negeri 18 tangerang selatan tahun ajaran 2016/2017)

Gilby Fernando, . (2017) Model students team achievement division dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di smp negeri 18 tangerang selatan tahun ajaran 2016/2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

ABSTRAK GILBY FERNANDO. Model Students Team Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. (Studi Komparasi di SMP Negeri 18 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016/2017). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris perbandingan model Students Team Achievement Division dengan metode ceramah dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparasi dengan teknik analisis statistik parametrik. Ada 2 (dua) variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu model Students Team Achievement Division dan metode ceramah serta 1 (satu) variabel terikat yaitu hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Populasi target dalam penelitian ini adalah 256 peserta didik, namun populasi terjangkau ditetapkan sebanyak 128, teknik pengambilan sampel sebanyak 63 peserta didik dengan mengambil 2 (dua) kelas sebagai sampel penelitian yang memiliki nilai rata-rata yang sama dari hasil pre test. Sebelum butir soal instrumen digunakan untuk mengambil data hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan responden dilakukan terlebih dahulu uji coba dengan Uji validitas, Uji Reliabilitas, Uji Taraf Kesukaran dan Uji Daya Pembeda untuk mengetahui kesahihan dan kelayakan butir instrumen. Kemudian dilakukan uji bersyarat analisis diantaranya Uji normalitas menggunakan Uji Chi Kuadrat dan dari hasil perhitungan bahwa data hasil belajar model Students Team Achievement Division berdistribusi normal, hal ini dapat diketahui dari hasil 2hitung sebesar 10,7469 < 2tabel sebesar 44,9853 serta data hasil belajar metode ceramah yang juga berdistribusi normal yaitu dengan hasil 2hitung sebesar 8,7760 < 2tabel sebesar 44,9853. dilanjutkan dengan Uji Homogenitas yang menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut homogen, hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 1,27 < Ftabel 3,33. Dari hasil perhitungan Uji Hipotesis atau Uji “t” didapatkan hasil thitung sebesar 4,758 > ttabel sebesar 1,669, maka dengan demikian terdapat perbedaan positif model Students Team Achievement Division dibandingkan dengan metode ceramah pada pokok pembahasan sikap positif kasus pelanggaran dan upaya penegakkan HAM dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik di SMP Negeri 18 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Model Students Team Achievement Division, Metode Ceramah, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:00
Last Modified: 13 Apr 2018 08:00
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item