Penerapan metode kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan Studi komparasi di madrasah tsnawiyah (mts) satu atap an-nur ciseeng, bogor, tahun pelajaran 2016/2017

Wheni Prastiwi, . (2017) Penerapan metode kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan Studi komparasi di madrasah tsnawiyah (mts) satu atap an-nur ciseeng, bogor, tahun pelajaran 2016/2017. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK WHENI PRASTIWI (2013150080). Penerapan Metode Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan studi komparasi di Madrasah Tsnawiyah (MTs) SA AN-NUR Ciseeng, Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017 Jl. AMD Rt. 02/06 Kp. Poncol Desa Babakan Kel. Ciseeng Kab. Bogor Provinsi Jawa Barat 16330. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di MTs SA AN-NUR guru merupakan unsur penting dalam pembelajaran. Guru harus mempunyai kompetensi yang berkualitas guna menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik. Tetapi guru dalam proses pembelajaran kurang kreatif dalam mendesain pembelajaran yang dilakukan sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penguasaan serta pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan guru lemah khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Karena selama ini peserta didik hanya diberi pembelajaran dengan metode yang monoton dan konvensional saja, sehingga peserta didik merasa bosan dan kurang berminat yang berdampak pada hasil belajar peserta didik tidak maksimal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparasi dengan perbandingan dua kelompok (Eksperimen) atau dengan perlakukan, yakni melihat perbandingan antara variabel perlakuan kelompok XE yaitu kelompok peserta didik yang menggunakan metode kooperatif tipe STAD dan variabel perlakuan kelompok XK yaitu peserta didik yang tidak menggunakan metode Kooperatif STAD terhadap variable kriteria yaitu hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan pengujian Hipotesis dengan menggunakan Uji t diperoleh thitung = 3.114 dan ttabel = 1.999 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan lebih baik dibandingkan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan metode kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di MTs SA AN-NUR. Kata Kunci: Metode Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 13 Apr 2018 04:03
Last Modified: 13 Apr 2018 04:03
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item