Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas vii sekolah menengah pertama negeri 21 tangerang selatan (studi korelasi di kelas vii smp negeri 21 tangerang selatan tahun ajaran 2016-2017)

Elisabeth Zagoto, . (2017) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas vii sekolah menengah pertama negeri 21 tangerang selatan (studi korelasi di kelas vii smp negeri 21 tangerang selatan tahun ajaran 2016-2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK Elisabeth Zagoto. PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 TANGERANG SELATAN. (Studi korelasi di kelas VII SMP Negeri 21 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016-2017). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 21Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2016-2017. Populasi target dalam penelitian ini adalah 207 Peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak peserta didik kelas VII yang berasal dari kelas VII.1 dan VII.2 di sekolah tersebut. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling sederhana yaitu dari jumlah populasi ditentukan jumlah sampel sebagai objek penelitian ini dipilih kelas VII karena selain sudah memiliki nilai rapot semester 1, juga secara psikologis tidak akan mengganggu proses dalam belajar karena tidak sedang mempersiapkan ujian nasional. Menentukan besarnya sampel menggunakan rumus solvin sebanyak 50 peserta didik yang diambil secara random sampling sederhana. Ada (2) dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu perilaku peserta didik dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, metode pengambilan data pada variabel X yaitu lingkungan sekolah menggunakan angket (kuesioner), sedangkan untuk variabel Y yaitu motivasi belajar peserta didik diambil dari nilai rapot peserta didik semester genap. Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reliabilitas yang berguna untuk mengetahui kesasihan instrumen validitas. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas. Uji normalitas dengan menggunakan Uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan bahwa data berdistribusi normal hal ini dapat dilihat dari Lhitung (0,1199 dan 0,0531) < Ltabel (0,1252). Dilanjutkan ke dalam Uji Linieritas antara variabel X dan Variabel Y diperoleh hasil Ftabel (1,868) = 0,05 dan Fhitung sebesar (1,7912) maka Fhitung < Ftabel atau 1,7912 < 0,05 adalah Linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik termasuk kedalam kategori yang kuat atau tinggi karena rhitung 0,487 dan jika dikonsultasikan pada nilai rtabel 0,60 – 0,799 dan memiliki koefisien determinasi sebesar 23%, jadi sisanya sebesar 77% adalah dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas VII SMP Negeri 21 Tangerang Selatan. Kata Kunci : Lingkungan sekolah, Motivasi belajar, Peserta Didik

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 13 Apr 2018 04:00
Last Modified: 13 Apr 2018 04:00
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item