Metode pembelajaran numbered heads together dan ceramah terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi korelasi di smp islam nurul hidayah 2016/2017)

Cristiya Deviyani, . (2017) Metode pembelajaran numbered heads together dan ceramah terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi korelasi di smp islam nurul hidayah 2016/2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Cristiya Deviyani (2012150262). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2017. Skripsi “Metode Pembelajaran Numbered Heads Together dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMP Islam Nurul Hidayah Kota Depok Tahun Ajaran 2016/2017)”. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil peserta didik pendidikan kewarganegaraan dibandingkan dengan metode ceramah. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Nurul Hidayah Kota Depok. Indikator adalah skor yang diperoleh peserta didik melalui tes pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Dari hasil penelitian ini diperoleh, peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode Numbered Heads Together dengan rata-rata skor seluruhnya 78,27 dengan standar deviasi 8,74 dan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah dengan rata-rata skor 60 dan standar deviasi 12,04. Dari hasil perhitungan uji hipotesis didapat harga thitung = 6,31 dan ttabel = 1,668 berarti thitung ≥ ttabel maka hipotesis ditolak. Dengan perkataan lain yang menunjukkan bahwa metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik dibandingkan dengan metode ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dibandingkan dengan metode ceramah di kelas VIII SMP Islam Nurul Hidayah, Kota Depok. Kata Kunci : Metode Numbered heads Together, Metode Ceramah, Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:45
Last Modified: 13 Apr 2018 03:45
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3419

Actions (login required)

View Item View Item