Pengaruh model pembelajaran aktif (active learning) terhadap minat belajar peserta didik dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi korelasi di sma bakti idhata jakarta tahun ajar 2016/2017)

Risnawati, . (2017) Pengaruh model pembelajaran aktif (active learning) terhadap minat belajar peserta didik dalam pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi korelasi di sma bakti idhata jakarta tahun ajar 2016/2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : RISNAWATI NIM : 2013150142 Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Aktif (active learning) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjabarkan pengaruh model pembelajaran aktif (active learning) terhadap minat belajar peserta didik dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Bakti Idhata Jakarta. Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah, Di SMA Bakti Idhata masih banyak peserta didik yang nilai pelajarannya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), salah satunya adalah nilai mata pelajaran PPKn pada Kelas X. Berdasarkan data yang diperoleh di atas, dari enam kelas hanya dua kelas yang yang mencapai nilai KKM tertinggi yaitu kelas X IPS 1 dengan jumlah 88% dan kelas X IPA 1 dengan jumlah 96%. Sedangkan sisanya paling besar hanya mencapai 52% yang nilainya mencapai KKM. Hal ini dikarenakan banyak peserta didik yang kurang menguasai materi pelajaran sehingga hal itu berdampak pada nilai Ujian Tengah Semester (UTS) peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan populasi terjangkaunya adalah seluruh kelas X SMA Bakti Idhata Jakarta sebanyak 187 orang. Metode penarikan sampel adalah Slovin dengan jumlah Sampel yang didapat sebanyak 127 Responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linear, dan uji analisis hipotesis. Berdasarkan uji regresi linear dapat diperoleh angka Y = 15,81+0,81 X artinya bahwa perubahan Y searah dengan perubahan X. Jadi nilai Y akan meningkat jika X meningkat, sebaliknya nilai Y akan menurun jika X menurun. artinya bahwa model pembelajaran aktif berpengaruh positif terhadap minat belajar peserta didik SMA Bakti Idhata Cilandak Jakarta Selatan, yaitu jika penerapan model pembelajaran aktif meningkat maka akan meningkatkan minat belajar peserta didik. Beradasarkan perhitungan uji korelasi determinasi didapat nilai KD sebesar 48%, artinya model pembelajaran aktif berpengaruh 48% terhadap minat belajar peserta didik sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji koefisien korelasi didapat rhitung (0,690)>rtabel(0,193). Dan berdasarkan uji analisis hipotesis didapat bahwa thitung (10,656)>t-tabel (1,657), maka terbukti bahwa variabel model pembelajaran aktif mempunyai korelasi signifikan terhadap minat belajar peserta didik. Dengan demikian hipotesis penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran aktif mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap minat belajar peserta didik SMA Bakti Idhata Cilandak Jakarta Selatan dapat diterima. Kata kunci: model pembelajaran aktif dan minat belajar peserta didik

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 12 Apr 2018 07:10
Last Modified: 12 Apr 2018 07:10
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item