Pengaruh Sikap Nasionalisme Terhadap Disiplin Peserta Didik (Penelitian Dilaksanakan Pada Kelas Viii Di Smp Negeri 19 Tangerang Selatan Tahun 2017)

Arnelis Nur Fiani, . (2017) Pengaruh Sikap Nasionalisme Terhadap Disiplin Peserta Didik (Penelitian Dilaksanakan Pada Kelas Viii Di Smp Negeri 19 Tangerang Selatan Tahun 2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .doc
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB I .docx
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV .docx
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK ARNELIS NUR FIANI, 2013150211, Pengaruh Sikap Nasionalisme terhadap Disiplin Peserta Didik. Studi Kasus Kelas VIII di SMP Negeri 19 Tangerang Selatan Tahun Pelajran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis data pengaruh sikap nasionalisme terhadap disiplin peserta didik. Hipotesis pada penelitian ini adalah diduga terdapat pengaruh yang positif antara sikap nasionalisme dengan disiplin peserta didik di SMP Negeri 19 Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-1, VIII-2 dan VIII-3, SMP Negeri 19 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 113 peserta didik dan diambil sampel sebanyak 100 peserta didik. Ada 2 variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Sikap Nasionalisme (variabel X), dan Disiplin Peserta Didik (Variabel Y). Pengumpulan data variable X (variabel bebas) dalam penelitian ini dilihat dari kuisioner angket yang telah disebarkan sebelumnya dan Variabel Y (Variabel terikat) diambil juga melalui kuisioner angket yang telah disebarkan pada sebelumnya. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji liniearitas regresi sederhana ini menunjukan bahwa pengaruh Sikap Nasionalisme dengan Disiplin Peserta Didik dikatakan liniear, karena hasil uji F dapat diketahui F hitung = 0,000193779 sedangkan diperoleh F tabel = 3,09, setelah dibandingkan, F hitung < F table. Dan memiliki r hitung 0,915614 jika di konsultasikan pada r tabel 0,05 dan n sebanyak 100 memiliki koefisien determinasi sebesar 82,81%.Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara sikap nasionalisme terhadap disiplin peserta didik di SMP Negeri 19 Tangerang Selatan Tahun 2017. Kata Kunci : Sikap Nasionalisme, Disiplin.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 12 Apr 2018 06:34
Last Modified: 12 Apr 2018 06:34
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3400

Actions (login required)

View Item View Item