Model pembelajaran paikem dengan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di smk anisa tahun ajaran 2017/2018)

Siti Usmayati, . (2017) Model pembelajaran paikem dengan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di smk anisa tahun ajaran 2017/2018). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

ABSTRAK SITI USMAYATI (2013150276). Pembimbing: Eti Hayati, S.Pd., M.Pd. Skripsi. Model Pembelajaran PAIKEM Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMK Anisa Tahun Ajaran 2017/2018). Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang. 2017. Kata Kunci : Model Pembalajaran PAIKEM, Model Pembelajaran Kooperatif dan Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis data secara empiris model pembelajaran PAIKEM dengan model pembelajaran Kooperatif. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah diduga terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan model pembelajaran PAIKEM dibandingkan hasil belajar dengan model pembelajaran Kooperatif di SMK Anisa Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMK Anisa. Sampel penelitian adalah kelas XI jurusan administrasi perkantoran A sebagai kelas eksperimen dan XI jurusan administrasi perkantoran B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji t karena data berdistribusi tidak normal dan varians yang homogen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0,29779 dan Ttabel = 2,01174 atau Thitung < Ttabel yaitu menunjukkan H0 diterima dan Ha ditolak yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan model pembelajaran PAIKEM dibandingkan hasil belajar dengan model pembelajaran Kooperatif.

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 12 Apr 2018 03:21
Last Modified: 12 Apr 2018 03:21
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3385

Actions (login required)

View Item View Item