Penggunaan metode jigsaw dan metode ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di smp negeri 11 kota tangerang selatan tahun ajaran 2015/2016)

Anipah, . (2015) Penggunaan metode jigsaw dan metode ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di smp negeri 11 kota tangerang selatan tahun ajaran 2015/2016). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
cover.doc

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (62kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (141kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK ANIPAH, 2015, Penggunaan Metode Jigsaw Dan Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan antara penggunaan metode ekspositori dengan metode jigsaw di kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 205/2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain control group pre-test post-test yaitu membandingkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan siswa pada kelas kontrol diajar dengan menggunakan metode ekspositori dan siswa pada kelas eksperimen yang dikenai perlakuan yaitu pembelajaran menggunakan metode jigsaw Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 205/2016. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah cluster-random sampling. Adapun yang dimaksudkan sebagai cluster adalah kelas pada sekolah. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII. 3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eskperimen dan kelas VIII. 6 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar setelah penerapan metode Jigsaw dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 205/2016. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 3,60 (α =0.05 atau 5%) sehingga diperoleh nilai ttabel sebesar 2,00. Hal ini menunjukan thitung ≥ ttabel sehingga H0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 205/2016 yang menggunakan metode jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode ekspositori. Kata Kunci : Metode Jigsaw, Metode Ekspositori, Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 24 Mar 2018 03:06
Last Modified: 24 Mar 2018 03:06
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item