Model pembelajaran group investigation dan metode tanya Jawab dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di sman 8 tangerang selatan tahun ajaran 2014/2015)

Wahyu Sri Wulan Sari, . (2015) Model pembelajaran group investigation dan metode tanya Jawab dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di sman 8 tangerang selatan tahun ajaran 2014/2015). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK WAHYU SRI WULAN SARI (2011150176). Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2015. Laporan tugas akhir, MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Komparasi di kelas XI SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Group Investigation dengan metode Tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Sedangkan untuk populasi terjangkaunya adalah kelas XI yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar peserta didik menggunakan metode perbandingan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistic (Uji-t). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung=16,773 dan ttabel=1,66571 pada α = 5% dimana thitung> ttabel (16,773 > 1,66571), maka hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Group Investigation dan dengan metode Tanya jawab. Adanya perbedaan tersebut ditunjukkan dari hasil rata – rata belajar (85,29 > 81,89) yang berarti skor rata – rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan metode Tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation dan Hasil Belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Khusnan Hadi
Date Deposited: 24 Mar 2018 03:01
Last Modified: 24 Mar 2018 03:01
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item