Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Ekonomi Melalui Model Think Pair Share Dengan Media Powerpoint Pada Mahasiswa Kelas 03PIE PAPENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG

Dameis Surya Anggara, . (2016) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Ekonomi Melalui Model Think Pair Share Dengan Media Powerpoint Pada Mahasiswa Kelas 03PIE PAPENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG. PEKOBIS Jurnal Pendidikan,Ekonomi dan Bisnis, II (2). pp. 12-20. ISSN 2503-5142

[img]
Preview
Text
PEKOBIS, Vol. II No. 2 - Oktober 2016.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan ketrampilan dasar mengajar dosen, meningkatkan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, dan meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian mahasiswa kelas 03PIEPAPendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data ketrampilan dasar mengajar dosen yang diperoleh melalui instrumen lembar observasi ketrampilan dasar mengajar dosen, data aktivitas mahasiswa yang diperoleh melalui instrumen lembar observasi aktivitas siswa, dan data prestasi belajar mahasiswa yang diperoleh melalui instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif yaitu manggambarkan atau mendeskripsikan data tanpa bermaksud mengeneralisasikan atau membuat kesimpulan tapi hanya menjelaskan kelompok data itu saja. Hasil penelitian ketrampilan dasar mengajar dosen pada siklus 1 diperoleh skor 22 dengan kategori baik, siklus 2 diperoleh skor 25 dengan kategori baik, dan siklus 3 diperoleh skor 30 dengan kategori sangat baik. Aktivitas mahasiswa pada siklus 1 diperoleh skor 17 dengan kategori cukup, siklus 2 diperoleh skor 23 dengan kategori baik dan siklus 3 diperoleh skor 26 dengan kategori sangat baik. Adapun prestasi belajar mahasiswa pada siklus 1 diperoleh, 48,1 %, pada siklus 2 diperoleh 70,1 % , dan pada siklus 3 diperoleh 88,9 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan model think pair share dengan media powerpoint dapat memperbaiki kualitas pembelajaran Matematika Ekonomi dengan indikator meningkatnya ketrampilan dasar mengajar dosen, aktivitas mahasiswa, dan prestasi mahasiswa. Kata kunci : kualitas pembelajaran, model think pair share, media Powerpoint

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 12 May 2017 03:13
Last Modified: 12 May 2017 03:13
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1718

Actions (login required)

View Item View Item