Pengembangan Kepemimpinan Berbasis Budaya Sebuah Tantangan Kepemimpinan Baru Pada Divisi Internasional Bni 46 Jakarta

Teguh Yuwono, . (2016) Pengembangan Kepemimpinan Berbasis Budaya Sebuah Tantangan Kepemimpinan Baru Pada Divisi Internasional Bni 46 Jakarta. INOVASI Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, III (2). pp. 26-42. ISSN 2356-2005

[img]
Preview
Text
INOVASI, Vol. III No.2 Desember 2016.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN BERBASIS BUDAYA SEBUAH TANTANGAN KEPEMIMPINAN BARU PADA DIVISI INTERNASIONAL BNI 46 JAKARTA Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah kepemimpinan di Divisi Internasional BNI 46 Jakarta. Hal ini menjadi ketertarikan tersendiri karena BNI sebagai sebuah BUMN di Indonesia dengan Divisi Internasionalnya, telah mengokohkan dirinya sebagai salah satu dari sembilan perusahaan di Indonesia yang mendunia ( Koran Sindo, 15 Juli 2014). Dan di tahun yang sama mendapat penghargaan dari Majalah South East Asian sebagai The Best Division. Pencapaian ini tentu tidak bisa dilepaskan dari kepemimpinan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode Chain of Evidence, yaitu merangkai data baik dari wawancara langsung kepada first hand informan, grup diskusi maupun literatur lainnya. Dalam penelitian ini juga dilakukan analisa SWOT untuk mengetahui strategi kepemimpinan yang ada. Dari hasil wawancara ditemukan adanya kharakteristik kepemimpinan yang berbasis budaya, yaitu bagaimana seorang pemimpin mampu menerapkan nilai-nilai kehidupan yang harus linier dalam bekerja. Dari hasil grup diskusi ditemukan bahwa kepemimpinan yang dilakukan di Divisi Internasional BNI 46 bukan saja mampu menciptakan etos kerja, namun mampu menumbuhkembangkan budaya kepemimpinan itu sendiri. Sehingga semua sepakat bahwa Pemimpin Divisi Internasional adalah sebagai role model. Dari hasil analisa SWOT ditemukan bahwa proses terbentuknya budaya organisasi di Divisi Internasional yaitu mendasarkan pada visi, strategi dan filosofi serta nilai-nilai kepemimpinan. Pemikiran atau ide dari Pemimpin Divisi Internasional diterapkan kepada seluruh karyawan sesuai dengan pola perilaku para pekerjanya dengan nilai-nilai dan norma yang sudah menetap dengan istilah Budaya Kerja Prinsip 46 : Empat Nilai Budaya Kerja : 1. Profesionalisme, 2. Integritas, 3. Orientasi perbankan, 4. Perbaikan tiada henti. Enam Nilai Perilaku Utama Insan BNI :1. Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik, 2. Jujur, Tulus dan Ikhlas 3.Disiplin, Konsisten dan Bertanggung Jawab, 4. Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis 5. Senantiasa Melakukan Penyempurnaan, 6. Kreatif dan Inovatif Kata Kunci : Kepemimpinan, Budaya, Tantangan Baru

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 03 Feb 2017 11:51
Last Modified: 03 Feb 2017 11:51
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1597

Actions (login required)

View Item View Item