Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa(Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester III Universitas Pamulang, Tangerang Selatan)

Maswarni, . (2015) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa(Studi Kasus Pada Mahasiswa Semester III Universitas Pamulang, Tangerang Selatan). Kreatif, Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas pamulang, II (II). pp. 106-131. ISSN 2339-0689

[img]
Preview
Text
Jurnal Ilmiah KREATIF, Vol. 2, No.2, April 2015.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengertian tradisional, kecerdasan meliputi kemampuan membaca, menulis dan berhitung yang merupakan ketrampilan kata dan angka yang menjadi fokus di pendidikan formal (sekolah) dan sesungguhnya mengarahkan seseorang untuk mencapai sukses dibidang akademis. Tetapi definisi keberhasilan hidup tidak hanya itu saja. Pandangan baru yang berkembang mengatakan bahwa ada kecerdasan lain di luar kecerdasan intelektual (IQ) seperti bakat, ketajaman sosial, hubungan sosial, kematangan emosi dan lain-lain yang harus dikembangkan juga. Kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan emosional (EQ). penelitian ini untuk mengetahui: 1.Bagaimana tingkat kecerdasan Emosional (X) mahasiswa Universitas Pamulang 2.Bagaimana prestasi Belajar (Y) Mahasiswa Universitas Pamulang. 3. Berapa besar pengaruh kecerdasan Emosional terhadap prestasi belajar Mahasiswa Universitas Pamulang Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanatoris (explanatory research) yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan pengaruh antara variabel-variabel melalui pangujian hipotesis. Variabel bebas adalah Kecerdasan emosional (X) dan variabel terikat adalah Prestasi belaja mahasiswa (Y). Penelitian ini merupakan penelitian dengan jumlah sampel 100 (seratus) mahasiswa semester III Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Tehnik pengumpulan data di lakukan melalui tehnik kuesioner dan kepustakaan, yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisia secara kuantitatif, dengan teknik analisa deskriptif dan analisa regresi linier sederhana. Berdasarkanhasil perhitungan didapat koefisien korelasi sebesar 0,200 atau ( rxy 0.200) hal ini menunjukam adanya pengaruh yang lemah antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sedangkan kontribusi variabel X terhadap Y dapat diketahui dengan nilai R2 x 100 % yaitu sebesar (0.200)2 x 100 % atau sebesar 40% yang berarti 40% variabel prestasi mahasiswa(Y) ditentukan oleh kecerdasan emosional(X) sehingga sisanya 60 % dipengaruhi oleh faktor lain.Uji hipotesa dilakukan dengan menggunakan uji t dan hasil penelitian menunjukan bahwa : dan Dengan demikian, karena lebih besar daripada (2.422 >1,661), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kecerdasan emosional (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa (Y). Persamaan regresi: Y’ = 1,528 + 0,014 X Kata kunci: Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 05 Dec 2016 02:01
Last Modified: 05 Dec 2016 02:01
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item