Minat Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. (Studi Korelasi di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2015-2016 ( Skripsi PPKn S1, 2016 )

Alvera Ramadhani, . (2016) Minat Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. (Studi Korelasi di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2015-2016 ( Skripsi PPKn S1, 2016 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PPKn S1, COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi PPKn S1, BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
Skripsi PPKn S1, BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
Skripsi PPKn S1, BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
Skripsi PPKn S1, BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
Skripsi PPKn S1, BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
JURNAL.doc
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui ada tidaknya minat belajar metode terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2015-2016. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMK Negeri3 Kota Tangerang Selatan, sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh peserta didik kelas X. Pengambilan sampel menggunakan sebanyak 74 peserta didik yang diambil secara random sampling sederhana (undian) melalui kocokan yang dilihat dari hasil instrumen. Besarnya sampel dari masing-masing kelas yaitu 11 populasi .Ada (2) dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, minat belajar ditinjau dari hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Metode pengambilan data pada variabel X yaitu dengan menggunakan angket atau instrumen ,sedangkan untuk variabel Y yaitu hasil belajar pendidikan kewarganegaraan diambil dari nilai rapot/UAS peserta didik semester genap. Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden, dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reabilitas yang berguna untuk mengetahui instrument validitas. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji Lilliefors. Hasil dari perhitungan uji lilliefors pada variable X (minat belajar) dikatakan bahwa data berdistribusi tidak normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung 0,4857 > Ltabel 0,1030. Dan perhitungan lilliefors pada variable Y (hasil belajar) dikatakan bahwa data berdistribusi tidak normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung 0,4481 > dari Ltabel 0,1030. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung= -1,4624 dan ttabel = 1.6662 maka Ho ditolak dan jika thitung< ttabel maka Ho diterima dan Hi ditolak. Dengan demikian maka Ho ditolak dan Hi diterima karena thitung > ttabel hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan dari minat belajar dapat peningkatan hasil belajar peserta didik pendidikan kewarganegaraan kelas X di SMK Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Alvera Ramadhani
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 15 Jul 2016 04:20
Last Modified: 05 Apr 2018 12:21
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item