Metode Bermain Peran Dengan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan(Di SMP Negeri 5 Kota Tanggerang Selatan 2015/2016)( Skripsi PKn, 2016 )

Yanto Heryanto, . (2016) Metode Bermain Peran Dengan Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan(Di SMP Negeri 5 Kota Tanggerang Selatan 2015/2016)( Skripsi PKn, 2016 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover, skripsi kewarganegaraan SI, 2016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text
BAB I, skripsi kewarganegaraan SI, 2016.doc
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB II, skripsi kewarganegaraan SI, 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB III, skripsi kewarganegaraan SI, 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB IV, skripsi kewarganegaraan SI, 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V, skripsi kewarganegaraan SI, 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
Jurnal Skripsi Kewarganegaraan SI, 2016.docx
Restricted to Registered users only

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik pada pokok bahasan Peraturan Perundang-undangan Nasional, yaitu antara peserta didik yang diberi perlakuan dengan penerapan metode pembelajaran Bermain Peran dan Tanya Jawab. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, dengan sampel berjumlah 41 orang peserta didik yang diberi perlakuan dengan penerapan metode pembelajaran Bermain Peran dan 42 orang peserta didik yang diberi perlakuan dengan penerapan metode Tanya Jawab dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada pokok bahasan Peraturan Perundang-undangan Nasional berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan empat alternatif jawaban. Dari hasil perhitungan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t, memperlihatkan secara signifikan bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran Bermain Peran lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran Tanya Jawab. Hal ini dapat dilihat dari harga thitung > ttabel yaitu 2,16 untuk thitung dan 1,6706 untuk ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho (Hasil belajar pendidikan kewarganegaraan lebih meningkat dengan menggunakan metode Tanya Jawab dibandingkan dengan metode Bermain Peran) ditolak dan Hi (Hasil belajar pendidikan kewarganegaraan lebih meningkat dengan menggunakan metode Bermain Peran dibandingkan dengan metode Tanya Jawab) diterima. Dari hasil penelitian ini, membuktikan bahwa metode pembelajaran Bermain Peran dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Metode Tanya Jawab, dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 28 Jun 2016 05:20
Last Modified: 28 Jun 2016 05:20
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item