Pengaruh Marketing Komunikasi Dan Segementasi Pasar Potensial Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Empiris Pada Pasien BPJS Rumah Sakit Medika BSD)

Jhonny Satria Sinukaban, . and Ali Maddinsyah, . (2015) Pengaruh Marketing Komunikasi Dan Segementasi Pasar Potensial Terhadap Loyalitas Pasien (Studi Empiris Pada Pasien BPJS Rumah Sakit Medika BSD). Kreatif, Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas pamulang, 3 (1). pp. 155-179. ISSN 2339-0689

[img] Text
KREATIF Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Vol. 3, No. 1, Oktober 2015.docx

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh marketing komunikasi terhadap loyalitas pasien pada rumah sakit Medika Bumi Serpong Damai.Untuk mengetahui pengaruh segmentasi pasar potensial terhadap loyalitas pasien pada rumah sakit Medika Bumi Serpong Damai. Untuk mengetahui pengaruh marketing komunikasi dan segmentasi Pasar potensial secara bersama-sama terhadap loyalitas pasien pada rumah sakit Medika Bumi Serpong Damai. Metodea analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji homgenitas, analisi korelasi, uji regresi berganda, koeisien determinasi, Uji t dan Uji F. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah pasien BPJS Rumah Sakit Medika BSD yang rawat inap sebanyak 1200, dengan rumus slovin didapat sampel sebanyak 92 pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Marketing komunikasi berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien pada Rumah Sakit Medika BSD dengan nilai koefisien sebesar 0,421 artinya jika marketing komunikasi ditingkatkan satu point dengan asumsi variabel segmentasi pasar potensial tetap maka loyalitas pasien akan meningkat sebesar 0,421 point, serta dengan nilai thitung>ttabelyaitu 4,68> 1,986 maka hipotesis 1 yang penulis ajukan dapat diterima, artinya H0 ditolak dan Ha diterima 2. Segmentasi pasar potensial berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien pada Rumah Sakit Medika BSD dengan nilai koefisien sebesar 0,137 artinya jika segmentasi pasar potensial ditingkatkan satu point dengan asumsi variabel marketing komunikasi tetap maka loyalitas pasien akan meningkat sebesar 0,137 point, serta dengan nilai thitung>ttabelyaitu 3,2168> 1,986 maka hipotesis 2 yang penulis ajukan dapat diterima, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. 3. Marketing Komunikasi dan segmentasi pasar potensial secara bersama berpengaruh terhada loyalitas pasien Pada rumah sakit Medika BSD, dengan persamaan Y = 22,94 + 0,421 X1 + 0,137 X2artinya setiap ada peningkatan variabel X akan berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien. Kemudian nilai Fhitung> Ftabel yaitu 11,414 > 3,44 artinya H0 ditolah dan Ha diterima maka hipotesis 3 yang penulis ajukan dapat diterima, serta koefisien determinasi 20,40% sedangkan sisanya 79,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Marketing Komunikasi, Segementasi Pasar Potensial, Loyalitas Pasien

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:19
Last Modified: 14 Oct 2016 07:01
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item