Pengembangan Skenario Problem Based Learning (PBL) Dalam Mata Pelajaran Ekonomi SMA

Syafa’atul Hidayati, . (2013) Pengembangan Skenario Problem Based Learning (PBL) Dalam Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Ekuitas-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1 (1). pp. 29-38. ISSN 2354-6107

[img] Text
Ekuitas-Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1, No. 1, Desember 2013 .rtf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu mengembangkan skenario Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Design Based Research (DBR) dan secara rinci tujuan penelitian dan pengembangan ini, sebagai berikut: (1) mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran ekonomi selama ini; (2) merumuskan skenario pembelajaran dengan berkolaborasi bersama tim ahli; (3) menyusun desain dan pengembangan prototipe skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ekonomi, sehingga dapat mewadahi empat tujuan dari mata pelajaran ekonomi; (4) melakukan uji coba skenario Problem Based Learning (PBL), sehingga dapat mewadahi empat tujuan dari mata pelajaran ekonomi; dan (5) mengkomunikasikan hasil uji coba skenario Problem Based Learning (PBL) kepada guru dan siswa. Secara umum penerapan penelitian berbasis desain menggunakan metode yang sistematis namun fleksibel yang bertujuan untuk meningkatkan praktik-praktik pendidikan melalui analisis iterative, desain, pengembangan dan implementasi, berdasarkan kolaborasi antara peneliti dan praktisi secara nyata tanpa adanya rekayasa. Kata kunci : Skenario Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 11 May 2016 11:02
Last Modified: 11 May 2016 11:25
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item