Pengaruh Produk, Barga Dan Lo.Kasi Terhadap Minat Sewa Konsumen Di Wisma Tamu Puspiptek ( Tesis Magister Manajemen S2,2011 )

Hedi Hudaya, . (2011) Pengaruh Produk, Barga Dan Lo.Kasi Terhadap Minat Sewa Konsumen Di Wisma Tamu Puspiptek ( Tesis Magister Manajemen S2,2011 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2, Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2, BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2, BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2, BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2, BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di wisma tamu Puspiptek yang berada di kawasan Puspiptek. Waktu penelitian dilakukan dari bulan September-november 2011. Tujuan penelitian yaitu: 1)mengetahui berapa besar pengaruh produk terhadap minat sewa konsumen di Wisma Tamu Puspiptek, 2)mengetahui berapa besar pengaruh harga terhadap minat sewa konsumen di Wisma Tamu Puspiptek, 3)mengetahui berapa besar pengaruh lokasi terhadap minat sewa konsumen di Wisma Tamu Puspiptek, 4)mengetahui berapa besar pengaruh produk, harga dan lokasi secara bersama-sama terhadap minat sewa konsumen di Wisma Tamu Puspiptek. Dalam kasus ini peneliti menduga adanya kekurangan dalam penerapan sistem pemasaran di wisma tamu Puspiptek. Melihat fenomena tersebut, pihak pengelola wisma tamu Puspiptek harus melakukan langkah pengambilan keputusan untuk mengupayakan peningkatan jumlah tamu yang menyewa.Terkait dengan penelitian dalam tesis ini, penulis mengkaji melalui survey tanggapan atas pengaruh produk, harga dan lokasi terhadap minat sewa konsumen di wisma tamu Puspiptek.Variabel bebas yaitu: produk, harga dan lokasi, serta variabel terikat: minat sewa konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang sedang menginap di wisma Puspiptek. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik purposive dari target 100 orang tamu sebagai populasi terjangkau. Dalam proses penyebaran kuesioner hanya dapat 65 orang responden kemudian sebagai responden penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa kuesioner tertutup yang telah disediakan jawabannya untuk dipilh. Kuesioner dikembangkan oleh peneliti sendiri dalam bentuk skala likert. Peneliti tidak melakukan ujicoba instrument. Untuk teknik analisis data dipergunakan analisis regresi dan korelasi yang diolah dengan bantuan program Spss 15.00 for window. Temuan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (produk, harga, lokasi) terhadap minat sewa konsumen, baik secara parsial (sendiri­ sendiri) maupun secara simultan (bersama-sama). Besaran pengaruh masing­ masing variabel bebas (produk, harga, lokasi) terhadap minat sewa konsumen di wisma Puspiptek dengan urutan besaran yaitu: lokasi terhadap minat sewa konsumen sebagai peringkat pertama memiliki kekuatan pengaruh sebesar 74,7%, selanjutnya harga mempunyai pengaruh terhadap minat sewa konsumen sebesar 63%, dan yang paling terkecil memberi pengaruh terhadap minat sewa konsumen adalah produk sebesar 57%. Temuan lain bahwa besaran pengaruh produk, harga dan lokasi secara bersama-sama terhadap minat sewa konsumen sebesar 76,8%. Hal ini menunjukkan adanya hubungan dan kontribusi yang cukup berarti antara variabel produk, harga dan lokasi terhadap minat sewa konsumen wisma tamu Puspiptek. Strategi pemasaran bila menggunakan bauran pemasaran secara simultan memberi kontribusi pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan bauran pemasaran yang dilakukan sendiri-sendiri. Kata kunci: Produk, Harga. Lokasi, Bauran Pemasaran, dan Minat Konsumen

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 13 Jan 2016 11:59
Last Modified: 13 Jan 2016 12:16
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item