Pengaruh Iklan, Sikap Pada Merek, Dan Pelayanan Konsumen, Terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa Stp Sahid Pondok Cabe ( Tesis Magister Manajemen S2, 2011 )

Supardi, . (2011) Pengaruh Iklan, Sikap Pada Merek, Dan Pelayanan Konsumen, Terhadap Keputusan Menjadi Mahasiswa Stp Sahid Pondok Cabe ( Tesis Magister Manajemen S2, 2011 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2. Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
Tesis Magister Manajemen S2. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Pengembangan industri pariwisata tidak lepas dari persoalan pendidikan pariwisata. Dalam konteks ini, lembaga pendidikan pariwisata harus dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memenuhi standar internasional, sehingga bisa bersaing dan mengikuti perubahan pasar pariwisata dunia. Pariwisata pada dasarnya adalah bisnis yang tidak pernah mati. Prospek pendidikan tinggi pariwisata, termasuk perhotelan, sangat luar biasa. Dalam bidang pendidikan sekarang ini banyak sekali bermunculan lembaga-lembaga pendidikan swasta yang dikelola oleh badan usaha atau yayasan swasta. Lembaga pendidikan yang bermutu, membutuhkan biaya yang besar, karena harus menyediakan berbagai sarana dan prasarana belajar yang baik untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang terbaik. Hal ini juga dilakukan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid. Dalam konteks ini, dilakukan penelitian di STP Sahid, Pondok Cabe, Pamulang.Dengan judul ; PENGARUH IKLAN, SIKAP PADA MEREK, DAN PELAYANAN KONSUMEN, TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI MAHASISWA STP SAHID PONDOK CABE. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September-November 2011. Jenis penelitian adalah survey dengan pendekatan analisis pengaruh. Responden dalam penelitian yaitu mahasiswa baru STP Sahid angkatan 2011-2012 yang ditentukan dengan rumus slovin di peroleh sebanyak 88 orang sebagai sampel penelitian. Tujuannya penelitian ini yaitu: mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang diukur secara parsial maupun secara simultaan (bersama-sama) terhadap keputusan menjadi mahasiswa STP Sahid. Penelitian survey tanggapan ini dengan variabel iklan sikap pada merek, dan pelayanan konsumen sebagai variabel bebas serta keputusan menjadi mahasiswa STP Sahid sebagai variabel terikat. Untuk mendapatkan data dari variabel penelitian tersebut diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Analisis untuk mengukur pengaruh dilakukan dengan bantuan program spss versi 18.00. Hasil temuan penelitian yaitu: Pertama, terdapat pengaruh iklan terhadap kepitusan menjadi mahasiswa STP Sahid. Pengaruh masing-masing variabel bebas yang diurutkan mulai dari brand attitute dengan pengaruh tertinggi sebesar 74,3% melalui persamaan regresi Ŷ=19,375+0,743X2.. Selanjutnya iklan menempati posisi kedua mempengaruhi keputusan menjadi mahasiswa STP sahid sebesar 60,0% melalui persamaan Ŷ=27,335+0,627X1. dan yang paling terkecil adalah customer service hanya sebesar 49,6%. regresi Ŷ=25,125+0,676X3. Pengaruh iklan, sikap pada merek dan pelayanan konsumen secara bersama-sama terhadap keputusan menjadi mahasiswa STP Sahid sebesar 82,0% melalui persamaan Ŷ = 11,213 + 0,220X1 + 0,496X2 + 0,153X3. Hal ini menunjukkan hubungan dan kontribusi yang cukup berarti antara iklan, sikap pada merek dan pelayanan konsumen terhadap keputusan menjadi mahasiswa STP Sahid. Dengan demikian strategi pemasaran menggunakan iklan, peningkatan sikap pada merek dan peningkatan pelayanan konsumen secara simultan (bersama-sama) memberi kontribusi pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan yang dilakukan sendiri-sendiri (parsial). iv Sehubungan dengan temuan dari hasil penelitian ini, maka disarankan sebagai masukan bagi manajemen STP Sahid yang terkait sebagai berikut : 1) Saran yang terkait dengan iklan Dalam kegiatan promosi lembaga pendidikan banyak dilakukan dengan iklan, baik berupa media cetak, audio, visual maupun media audiovisual). Oleh karena itu, kegiatan promosi yang dilakukan dengan iklan diprogramkan secara berkesinambungan dan terukur efektivitas promosinya. Iklan yang efektif melalui beberapa media yang dianggap tepat dalam kegiatan promosi, akan dapat menjangkau target pasar sebanyak mungkin. Untuk itu, penulis menyarankan perlu dilakukan research pasar mengenai media yang sesuai untuk menayangkan iklan STP Sahid, selain itu harus dilakukan secara kontinue atau berkelanjutan untuk mendapatkan target pasar yang hendak dituju. Diperlukan anggaran yang cukup untuk melakukan promosi dengan iklan. 2) Saran yang terkait dengan sikap pada merek Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid sebagai lembaga pendidikan yang mencetak para pelaku di bisnis hotel dan pariwisata. Industri ini juga digeluti oleh Sahid corporate yang selama ini dipahami masyarakat umum sebagai pengusaha perhotelan yang sukses. Nama label Sahid identik dengan ”Hotel sahid” yang dikenal cukup representatif. Untuk itu, dalam membangun strategi pemasaran melalui peningkatan brand attitude perlu memberikan penekanan pada faktor kualitas secara keseluruhan, sehingga masyarakat (stakeholder) akan selalu memiliki sikap positif terhadap lembaga pendidikan STP Sahid. 3) Saran yang terkait dengan pelayanan konsumen Faktor karyawan yang berfungsi sebagai penyedia jasa sangat memengaruhi kualitas jasa yang diberikan. Untuk mencapai target kualitas jasa yang baik, diperlukan pelatihan karyawan baik secara bergantian, berjenjang dan berkesinambungan. Oleh karena itu, perlu ditentukan suatu konsep layanan dan fasilitas yang dapat memberi kesan positif, dan akhirnya menjadi masyarakat umum dan stakeholder yang loyal dan bahkan bisa menjadi personal selling secara tidak langsung.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 13 Jan 2016 08:48
Last Modified: 13 Jan 2016 11:20
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item